Langsung ke konten utama

KIAT SUKSES MENGAJAR

Hem.. sedikit ingin berbagi dengan teman-teman seperjuangan, tentang bagaimana kiat-kiat mengajar yang baik, sekedar informasi aja, tulisan ini saya buat bukan karna saya guru yang telah menoreh berbagai prestasi di bidang pendidikan, saya hanya guru biasa yang baru praktek mengajar setelah menamatkan kuliah tiga tahun yang lalu.  

Kawan, Mengajar adalah cita-citaku sejak kecil ingin menjadi seorang guru. Aku membuat keputusan menetapkan cita-citaku itu sejak kelas enam SD, percaya ga percaya cita-citaku itu tak berubah hingga sekarangpun saat aku telah merasakan suka dukanya menjadi guru tak sedikitpun cita-citaku bergeser. Semua ini karna seorang guru biasa yang sangat sederhana, namun di mataku amat luar biasa, jika dia yang berkata aku akan percaya 100 persen, 1000 persen malah, setiap yang ia katakana aku simak, aku resapi dalam-dalam, dan aku kerjakan dalam keseharian,bahkan jika hendak melakukan sesuatu kata-kata bu surung masih terngiang jelas di telingaku. 

Begitulah ia memang telah memesona mataku Suatu hari ia masuk ke kelasku seperti biasa ia tetap wanita favorit dalam hidupku. Aku mengagumi caranya bercerita, caranya menarik perhatian kami, bahasa tubuhnya saat menjelaskan materi, pandangan matanya, emosinya, apapun yang ia bicarakan seolah hidup di dalam setiap pikiranku. Ia lah SURUNG SIBURIAN guru SD ku, yang bertanya kepada setiap muridnya satu per satu “apa cita-cita kalian kelak jika sudah besar? Ia manatap penuh semangat yang bergelora, menantang mata dan hati kami murid-muridnya. Seolah memberikan kekuatan yang besar dan memberikan jaminan bahwa kami akan berhasil sesuai dengan setiap butir impian kami, dan dari bahasa tubuhnya aku tau dia seolah berkata, ia adalah orang pertama dan terdepan yang akan mendukung kami untuk meraih impian kami. Subhanallah, cita-cita dan impian bertabur di kelas kecil kami, muridnya hanya 15 orang, sekolah kami kurang lebih mirip dengan sekolah laskar pelangi yang reot, bedanya kami lebih modern sedikit, sekolah kami juga memiliki banyak guru saat itu. 

Kesamaan yang kurasa dengan sekolah laskar pelangi adalah sama-sama memiliki guru yang luar biasa limited edition, he he jika ikal dan lintang bertemu dengan bu muslimah aku bertemu dengan bu Surung dan aku bangga memilikinya. Ternyata setiap pasang mata anak-anak lusuh yang berjumlah 15 orang tersebut mempunyai cita-cita besar, rudi teman ku yang paling big size mirip tokoh gian dalam film doraemon, ingin menjadi polisi, Suradi yang paling langsing dan tak bersahabat dengan siapapun mirip tokoh squidward dalam film spongebob, memilih menjadi tentara. Ivan sepupuku si saipul anwar(senyum simpul gigi keluar) berkeinginan menjadi pilot walau tak tau apa artinya. Ahmad wijaya, Siti Julaika, Widyawati, Novi, dan lainya mempunyai cita-cita yang sama bahkan ada yang mau jadi dokter, hanya aku yang mengangkat tangan setinggi-tingginya dengan gagah berani menjawab dengan lantang, pekikku menggetarkan kelas kami yang reot, “saya ingin jadi guru seperti ibu“ Mata setengah bayanya mengembun, terharu mendengar kicauan kecilku yang mungkin tak penting bagi seluruh teman-temanku. 


Semua bangga dengan cita-cita masing-masing. Tapi bagi bu Surung kalimatku merupakan apresiasi tertinggi kinerjanya selama ini menjadi seorang guru jelas betul tergambar nasib umar bakri di wajahnya. Ia sedikit menyeka matanya dengan tangan sebelum getar suaranya memacu semangad kami kembali. Subhanallah.. buatku bu Surung adalah master di bidangnya, sekedar informasi kawan, aku dan teman seangkatan di kelas kami adalah pelopor anak-anak yang melanjutkan sekolah di kampung kami. Biasanya orang tua di kampung kami hanya menamatkan anak-anaknya dari sekolah dasar, asal bias baca tulis. Bisa menghitung itu sudah cukup. Tapi bu Surung meledakkan cita-cita kami hingga kami tak ingin kalah dengan keadaan kami tetap ingin melanjutkan sekolah. Meski yang menjadi sarjana hanya 4 orang saja. Kini setelah ku menjadi seorang guru, ku akui sedikit banyak metode ku dalam mengajar, aku contek dari bu Surung guru SD ku itu. 

Menurut hematku, mejadi guru yang baik adalah bagaimana kekuatan emosi guru dan siswa dapat terjalin, siswa dapat leluasa mengatakan apa yang ingin ia katakan, ia ketahui, tidak ada batasan dalam belajar, namun tetap tidak meninggalkan unsur-unsur etika dan sopan-santun. Perlu kita sadari bahwa ketika proses pembelajaran berlangsung seluruh aspek kejiwaan siswa dan guru terlibat. Bukan hanya fisik pikiran, perasaan, pengalaman, bahasa tubuh, dan emosipun terlibat. Ini menunjukkan bahwa pada setiap pembelajaran, prosesnya tidak sesederhana yang kita bayangkan selama ini. Wajar saja bila pada awal pembelajaran seorang guru memasuki ruang belajar dengan wajah yang merengut atau suram, proses pembelajaran dapat diperkirakan berlangsung dalam suasana yang menegangkan dan melelahkan. Jika kondisi sudah tercipta begini, maka Siswa tidak akan berani bertanya apalagi mengemukakan suatu pendapat yang berbeda dengan sang guru. Suasana demokrasi akan lenyap. 

Selama pembelajaran berlangsung jiwa siswa berada dalam ketidaknyamanan. Pembelajaran tidak menghasilkan apa-apa bagi siswa. Sebaliknya, ketika seorang guru memasuki ruang belajar dengan wajah ceria dan menampilkan seuntai senyuman, suasana pembelajaran akan berbeda seratus delapan puluh derajat dibanding dengan suasana pertama. Oleh guru yang kedua, rasa senang belajar akan tumbuh dalam diri siswa. Kedekatan guru dengan siswa mulai terbangun dan kaitan emosi terjalin. Setelah kaitan emosi terjalin, saatnya seorang guru mulai membawa siswa ke dunia guru. 


Apapun materi yang disajikan (konsep, teori, topik, rumus, kosakata, dan lainnya) dan dieksplorasi lebih mudah dipahami siswa. Otomatis pembelajaran melibatkan seluruh aspek kejiwaan siswa dan guru. Bila ini terjadi semua materi yang dipelajari akan dirasakan kebermaknaannya oleh siswa. Guru akan semakin berkembang wawasan dan pengalamannya melalui proses tersebut. Hal ini yang mengakibatkan anak-anak merasa tidak ada chemistry dengan mata pelajaran tertentu. 

Banyak sekali siswa yang saya Tanya apa mata pelajaran yang sulit (biasanya mereka membahasakan mata pelajaran yang di sukai dan tidak di sukai) maka meluncur lah urutan mata pelajaran tersebut dengan segenap keluh kesahnya dan berujung dengan kata-kata “gurunya ga enak neranginya” 


 Nah, kawan.. Ternyata terlalu banyak yang harus kita ketahui dan mengevaluasi cara kita dalam mengajar, Agar saat mengajar tak tercipta suasana yang membuat kita dan siswa sama-sama tidak nyaman dan tidak menikmati suasana. Saya yakin banyak sekali metoda mengajar yang ada tak akan sukses di terapkan jika tak ada hubungan emosi yang terjalin antara guru dan siswa. “SELAMAT MENJADI GURU YANG BERKUALITAS”

Komentar

  1. bagus bener buk :)
    jdi keingat sewaktu lgi bljr akuntansi sma ibuk :)

    BalasHapus
  2. ha ha IPS memang slalu Ngangenin....

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sulitnya masa-masa Awal pernikahan.... ^_^

Rasulullah bersabda, “Aku tidak mencintai dunia dan tidak mengharap apapun darinya. Aku tinggal di dunia ini hanya seperti seorang pengelana yang berteduh sebentar di bawah pohon untuk  beristirahat, lalu pergi meninggalkannya.“  aku juga pernah mendengar bahwa "Sesungguhnya hari ini adalah hari pemberian Allah, tidaklah pantas untuk di isi dengan kelalaian dan kemaksiatan.  Sejenak aktifitas terhenti aku termenung, membaca daftar mimpi-mimpi yang ingin ku raih, disetiap pertambahan umurku.  Berangkat dari pemahamanku tentang waktu, yap... aku tipe orang yang suka sekali merencanakan hidup, dengan begitu aku merasa punya target dan arah yang jelas untuk hidupku, walaupun ku tahu tak semua mimpi-mimpi itu bisa kuraih dengan mudah, tapi mengutip kata arai (sang pemimpi, andrea hirata) "bermimpilah maka tuhan akan memeluk mimpi-mimpimu." Aku optimis hidupku akan penuh dengan kebaikan dan penaklukan. Menurut daftar mimpiku tahun ini, aku akan melesat jauh meninggalkan kerama

Resep Nastar kualitas premium, lumer dan wangi di Jerman dilengkapi bahan dalam bahasa Jerman secara lengkap

Membuat Nastar di Jerman yang super lembut, enak, kualitas premium  (tanpa butter Wisjman) mengunakan bahan-bahan yang terdapat di Eropa Halo ibu ibu sholihah, bagaimana puasanya? Semoga masih semangat mengejar pahala Romadhon ya, kali ini saya mau berbagi kebahagiaan he he, aaappppaaah? Ya saya baru saja berhasil membuat nastar premium yang banyak terdapat di Indonesia, betul banget yang baunya wangi, lembut dan nastarnya pecah banget di mulut. Hayoo bantu beri applause… oke cukup cukup.. Terima kasih terima kasih. Ini adalah sebuah prestasi besar pertama seumur saya menjabat sebagai istri, biasanya kalo kepengen beli aja ha ha, ketimbang capek ya khan? Lah sekarang… ne ne ne… hidup di Jerman ga sama seperti hidup di Indonesia say, semua tinggal klik keluar dah menu dengan berbagai harga, tinggal kantong aja yang menyesuaikan. Kalo di jerman emang ga bisa beli ya? Bisa dong… tapii mahalnya bikin ga jadi beli.  Pada awalnya saya sudah berusaha searching resep dan bahan kue kering lalu

Ketakutan saat memutuskan resign part 2

Do you agree or disagree? Itu terserah ya.. setiap org punya journeynya masing masing, aku hanya sharing sebatas apa yang aku rasakan dan aku alami setelah resign, masa adaptasi dari ibu bekerja menjadi ibu rumah tangga. Pict from instagram adkkrt. Jangan mudah mengambil kesimpulan dari cerita orang, karena rel yang kita lewati dengan rel yang orang lewati sangatlah berbeda.  Jangan pula habis baca satu sumber langsung memutuskan resign lalu malah memunculkan masalah baru lainnya. Aku pernah dengar, seorang yang bekerja di instansi riba, lalu karena mendapat ilmu tentang riba, dia langsung keluar dan memilih bisnis, bisa ditebak langsung bankrut karena ilmunya belum cukup,  akhirnya semua berantakan, harapannya setelah resign memperoleh rezeki halal yang cukup, ujungnya malah balik lagi ke instansi yang sama. Ini kejadian nyata loh. Please.. jangan bilang itu mah dia aja, kalo udah milih jalan Allah, Allah akan bantu! ya bener Allah pasti bantu, tapi ga semua proses orang lain bisa kit